Jumat, 24 September 2010

Reset Konfigurasi ENVIROMUX-MINI


Enviromux-Mini (EM) adalah alat detector suhu yang saya gunakan di ruang server saya. Fiturnya cukup menarik. Log nya bisa menggunakan Webbase, Email, SNMP, Syslog dan SMS.

Ketika saya coba untuk menggunakan Syslog, terjadi kesalahan pada tujuan Syslog server nya. Harusnya ditulis cukup IP Tujuan Syslog Servernya saja, Contoh : 192.168.1.5 atau Ip Public juga bisa 202.150....

Permasalahnya adalah ketika saya pikir bisa dimasukan Port dibelakang IP Addressnya, misal 192.168.1.5:514, maka yang terjadi adalah EM ini langsung saja menjadi ngadat. Indikato lampu FAULT yang berwarna merah itu menjadi diam saja alias HANG dari mulai pertama kali dihidupkan. Normal nya adalah lampung FAULT itu blink atau kedip. Saja coba recovery dengan CD Discovery bawaan nya tidak juga mau terdeteksi Hardwarenya alias No Device Found.

Langkah terakhir adalah ... di bagian Bawah colokan Power pada EM ada tombol Reset yang agak tersembunyi, cukup dengan pena anda bisa mencoloknya.

Cara untuk meresetnya adalah :

1. Cabut semua colokan yang nempel di EM, termasuk colokan Power ( untuk menghindari Crash )
2. Colok tombol RESET menggunakan pena, tahan sambil anda mencolokan kembali kabel power. Tahan hingga minimal 10 Detik.
3. Jika sudah 10 detik maka lepaslah pena anda.
4. Pastikan Lampu FAULT sudah tidak menyala diam lagi.

Sesudah langkah tersebut harusnya EM anda sudah bisa digunakan kembali. IP Address EM menjadi default factory kembali /  192.168.1.21

Anda bisa gunakan CD Discovery kembali untuk memastikan Perangkat EM sudah bisa digunakan kembali.

Trims
Deni S




Tidak ada komentar:

Posting Komentar