Jumat, 12 September 2014

Persiapan liburan ke Hongkong 2014

Menjelang bulan September 2014 ini saya berencana untuk pergi ke suatu negara yang masih berada di benua Asia. Akhirnya Hong Kong yang menjadi pilihan dikarenakan menurut saya banyak sekali obyek yang dengan mudah bisa dijangkau dan friendly untuk anak. Kenapa bulan September yang saya pilih, karena asumsi saya pada bulan ini tergolong Low Season jadi tiket penerbangan dan Hotel tidaklah semahal pada bulan-bulan High Season.

Mulailah hunting pesawat, hotel/hostel. Untuk pesawat awalnya tertarik dengan promo AA transit di KL selama >=2 jam (Tergantung jadwal yang dipilih), akan tetapi karena pertimbangan saya bawa anak usia 3 thn 11 bln maka saya putuskan untuk pilih Direct Flight. Hingga september 2014 ini terdapat 3 Direct Flight JKT- HKG :

1. Cathay Pacific,
2. China Airlines,
3. Garuda Indonesia.

Hunting dimulai dengan mengunjungi website airlines masing-masing, lalu saya membandingkan dengan harga-harga tersebut dengan beberapa harga di website Travel Agent online, terdapat 1 Travel Agent online yang menjadi perhatian saya saat itu yaitu nusatrip (maaf bukan promosi, tapi silahkan buktikan sendiri), menurut saya sangat menaik dan begitu interaktif sekali layanan website nya, kita bisa langsung bayar di website tsb dengan harga  fixed price yang anda lihat di web tanpa biaya-biaya lainnya. Walaupun pada akhirnya saya membeli tiket airlines pada Travel Agent tidak online dengan pertimbangan penawaran promo lebih baik.

Hunting tiket airlines selesai, dilanjutkan dengan hunting hotel/hostel. Setelah mengetahui harga hotel yang sangat mahal, akhirnya saya urungkan niat saya untuk booking hotel, akhirnya hostel lah yang saya pilih, tetap dengan pertimbangan bahwa hostel tersebut friendly dengan anak. Beberapa review dari teman-teman di blogger atau sejenisnya saya mendapat beberapa hostel yang menjadi rekomendasi di daerah Causeway Bay dan Tsim Sha Thui. Untuk di daerah Causeway bay yang menjadi rekomendasi adalah Causway Bay Inn (CBI), saya cek website nya kelihatan sangat sederhana sekali dan kurang menyakinkan, padalah sebetulnya di balik website sederhana tsb terdapat suatu sistem yang amat modern. Setelah saya coba cek booking pada web tsb Alhamdulillah terdapat 1 kamar yang available 4 hari pada tanggal, bulan, tahun yang saya pilih walaupun sebenarnya 6 hari yang kami butuhkan, karena sisa 2 hari tidak tersedia, pada akhirnya yang 4 hari tetap kami book, sisanya yang 2 hari kami akan book di lokasi lain yang tentu nya juga akan menarik juga.

Selama proses booking di website causeway bay inn, kita akan diminta untuk membayar deposit yang dibayarkan menggunakan PayPall. Karena saya belum pernah menggunakan paypall sebelumnya langsung saja saya registrasi. setelah proses registrasi paypall selesai dan langsung login, maka saya mendapati pada kotak inbox saya tagihan deposit dari CBI, saat itu juga saya proses pembayaran tsb. Adapun sisa pembayarannya di tagihkan -/+ 12 hari sebelum Check in. Setelah -/+ 12 hari sebelum check in tagihan dari CBI kembali masuk ke inbox Paypall saya, dan setelah saya melakukan pelunasan kira -/+ 1 hari setelahnya mendapatkan email dari CBI yang berisi Peta menuju lokasi CBI dan Password untuk mengakses pintu Gedung, pintu CBI dan pintu Kamar Total nya ada 3 password. Password-password tersebut bisa diakses mulai tepat dari jam 14.00 pada tanggal check in hinggal jam 12.00 pada tanggal check out. Password untuk diperlukan oleh pengunjung CBI karena pada Hostel CBI semua tidak ada petugas yang stand by di lokasi, jadi segala sesuatu nya serba self service (kecuali untuk petugas yang membersihkan kamar setiap harinya). Setahu saya di indonesia belum pernah ada sistem hotel/hostel seperti ini. bisa dijadikan contoh yang baik untuk penerapan Teknologi informasi sebagai efisiensi pelayanan penginapan.

Booking Hostel untuk 4 hari sudah selesai, sisa 2 hari yang harus saya book. Saya menginginkan lokasi berbeda maka coba pindah ke lokasi Tsim Sha Thui. Berdasarkan beberapa review juga dari teman-teman blogger maka lokasi hostel selanjutnya yang kami pilih adalah berada di Golden crown court Building, adapun hostel yang kami pilih adalah Yiu fai guesthouse. Pertimbangan saya memilih lokasi ini tentunya sangat dekat sekali dengan stasiun MTR dan dekat kemana-mana.

Demikian sementara info dari saya dan tunggu kabar cerita selanjutnya setelah saya pulang dari HKG.

1 komentar: