Selasa, 30 September 2014

Day 1 - Welcome to Hong kong

Dimulai dengan Bismillah kami berangkat menggunakan Pesawat CX 718 berangkat JKT - HKG tepat pukul 08.20 AM WIB. Selama perjalanan berdurasi -/+ 4 jam cukup menyenangkan dengan menu standard meals yang dihidangkan dan hiburan tv alakadarnya di tiap kursi. Alhamdulillah kami tiba di HKG kira-kira 14.15 wkt hkg.

Sampai di HKG Airport setelah proses imigrasi dan ambil bagasi kami selesai selanjutnya kami keluar menuju arrival hall tepat nya di depan Pintu masuk/Loket Airport Express Train untuk membeli Octopus Card. Total yang kami 3 kartu masing-masing 2 dewasa @ $150 hkg isi dikartu adalah $100 dan $50 untuk deposit kartu,  sedangkan 1 lagi untuk anak @$75 hkg dengan isi dikartu $25 dan $50 untuk deposit kartu yang bisa dicairkan kembali jika sudah tidak ingin digunakan kembali dengan potongan -$9 hkg.

Setelah mendapatkan Octopus card kami bergegas menuju Bus Terminal, karena tujuan kami adalah Hostel Causeway bay inn dekat dengan Times Square maka kami menggunakan bus no A11. Sebetulnya Bus bukan satu-satunya transportasi menuju kota, ada Train / Airport Express, Bus dan Taxi. Karena anak saya ingin sekali naik Bus Tingkat maka kami memutuskan untuk naik Bus saja (tarif  $40 untuk dewasa, $20 untuk anak-anak). Menurut saya pribadi naik Bus sebetulnya bukan satu-satunya jalan yang terbaik untuk menuju dari dan ke Airport - Kota, seharusnya disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, jika ingin cepat maka gunakan Airport Express Train yang hanya membutuhkan waktu 24 menit perjalanan dengan tarif lebih mahal tentunya. Jika ingin private bisa gunakan Taxi. Jika anda banyak waktu luang maka bisa gunakan Bus, karena bus dari Airport ke Kota lambat sekali jalannya menurut saya (Jika saya bandingan dengan Bus Damri tujuan Bogor - Soekarno Hatta), dengan Bus yang bisa memakan waktu -/+ 1 Jam. Belum lagi di tambah keramaian kota dengan banyaknya Traffic light, semuanya baik Train, Taxi dan Bus tentunya ada plus dan minus nya.

Kami turun di 13.Wan Chai Fire Station, dari situ jalan -+ 200m menuju Causeway Bay Inn. Untuk proses saya waktu booking di Causeway Bay Inn bisa di baca disini.

Tiba di Causeway Bay Inn kami amat terkejut dengan menariknya Hostel ini. Diantaranya adalah Lokasinya sangat strategis untuk keramaian dan makan (Times Square, Sogo, Hysan Place, Jardine's bazar, Foo Ming Street/Tram Station,  Ayam Penyet ria, Warung Malang Club, Warung Chandra, Sedap Gurih dan lain-lain)  akan tetapi walaupun diluar ramai tapi kamar kami tetap nyaman dan saya pribadi bisa tidur dengan nyenyak dan merasa seperti tinggal di Hotel (Walaupun kecil kamarnya pastinya sesuai budget $420/malam kamar No 2). Niat nya kami ingin 6 Malam disini, akan tetapi karena hanya bisa online booking 4 malam maka sisa 2 malam kami menginap di hostel lain di daerah Tsim Sha Tsui.

Di hari pertama kami di Hkg ini saya dan keluarga tidak banyak memforsir tenaga, maka setelah tiba di Hostel kira-kira pukul 16.00 kami beristirahat selama 1 jam lalu pukul 17.00 kami sempatkan berkeliling sebentar di Times Square Mall. Sebetulnya kami kurang tertarik dengan mall-mall di Hkg karena isinya rata-rata toko-toko yang menjual barang- barang branded jadi kami hanya berkeliling saja untuk sightseeing.

Sumber foto dari sini
Tidak lama kemudian kami bergegas kembali ke Foo Ming Street/Tram Station yang berada tepat di seberang Causeway bay inn untuk mencoba petualangan baru naik Tram. Untuk naik Tram bisa langsung naik dari pintu belakang dan bayar baru jika ingin turun / keluar saja bisa dengan Tap langsung Octopus card atau dengan Cash money. Untuk ongkos nya jauh dekat $2.30 untuk dewasa dan untuk anak $1.20. Kami langsung naik keatas untuk merasakan hal yang berbeda ini. Pada masing-masing jendela hanya terdapat kaca yang bisa dinaik turunkan secara manual jika hujan ataupun angin terasa kencang. Rasanya seperti apa rasanya naik Tram, saya pribadi seperti naik bus tingkat tanpa mesin, tidak ada rasa mesin sama sekali apalagi kalo sedang berhenti karena terdapat lampu merah atau pemberhentian selanjutnya betul-betul seperti sedang parkir saja. Terkadang kalau pak supirnya sedang ngebut terasa sekali goncangannya. Akan tetapi tidak apalah karena transportasi ini sudah bertahun-tahun digunakan di Hkg dan masih bertahan hingga saat ini ditambah anak saya suka dengan Transportasi ini. Karena kami naik dari Foo Ming Street maka kami transit di Happy Valley Terminus, kami turun dan Pindah Jalur menuju Kennedy Town. Selama menuju Kennedy Town pemandangan yang disuguhkan adalah benar-benar hong kong tempo dulu. Saya pribadi menganggapnya biasa-biasa saja, karena tidak ada hal yang wah selama menuju Kennedy Town. Setelah tiba di Kennedy Town Terminus, kami diwajibkan untuk turun oleh Pak Supir. Karena tidak ada objek apa-apa di sana jadi kami langsung naik Tram kembali saja tujuan Happy Valley terminus. Kami turun tepat di depan hostel kami Causeway Bay inn / Foo Ming Street/Tram Station. setelah sampai kami beristirahat guna besok jalan-jalan kembali.

Lanjut ke Day 2 ...

Jumat, 12 September 2014

Persiapan liburan ke Hongkong 2014

Menjelang bulan September 2014 ini saya berencana untuk pergi ke suatu negara yang masih berada di benua Asia. Akhirnya Hong Kong yang menjadi pilihan dikarenakan menurut saya banyak sekali obyek yang dengan mudah bisa dijangkau dan friendly untuk anak. Kenapa bulan September yang saya pilih, karena asumsi saya pada bulan ini tergolong Low Season jadi tiket penerbangan dan Hotel tidaklah semahal pada bulan-bulan High Season.

Mulailah hunting pesawat, hotel/hostel. Untuk pesawat awalnya tertarik dengan promo AA transit di KL selama >=2 jam (Tergantung jadwal yang dipilih), akan tetapi karena pertimbangan saya bawa anak usia 3 thn 11 bln maka saya putuskan untuk pilih Direct Flight. Hingga september 2014 ini terdapat 3 Direct Flight JKT- HKG :

1. Cathay Pacific,
2. China Airlines,
3. Garuda Indonesia.

Hunting dimulai dengan mengunjungi website airlines masing-masing, lalu saya membandingkan dengan harga-harga tersebut dengan beberapa harga di website Travel Agent online, terdapat 1 Travel Agent online yang menjadi perhatian saya saat itu yaitu nusatrip (maaf bukan promosi, tapi silahkan buktikan sendiri), menurut saya sangat menaik dan begitu interaktif sekali layanan website nya, kita bisa langsung bayar di website tsb dengan harga  fixed price yang anda lihat di web tanpa biaya-biaya lainnya. Walaupun pada akhirnya saya membeli tiket airlines pada Travel Agent tidak online dengan pertimbangan penawaran promo lebih baik.

Hunting tiket airlines selesai, dilanjutkan dengan hunting hotel/hostel. Setelah mengetahui harga hotel yang sangat mahal, akhirnya saya urungkan niat saya untuk booking hotel, akhirnya hostel lah yang saya pilih, tetap dengan pertimbangan bahwa hostel tersebut friendly dengan anak. Beberapa review dari teman-teman di blogger atau sejenisnya saya mendapat beberapa hostel yang menjadi rekomendasi di daerah Causeway Bay dan Tsim Sha Thui. Untuk di daerah Causeway bay yang menjadi rekomendasi adalah Causway Bay Inn (CBI), saya cek website nya kelihatan sangat sederhana sekali dan kurang menyakinkan, padalah sebetulnya di balik website sederhana tsb terdapat suatu sistem yang amat modern. Setelah saya coba cek booking pada web tsb Alhamdulillah terdapat 1 kamar yang available 4 hari pada tanggal, bulan, tahun yang saya pilih walaupun sebenarnya 6 hari yang kami butuhkan, karena sisa 2 hari tidak tersedia, pada akhirnya yang 4 hari tetap kami book, sisanya yang 2 hari kami akan book di lokasi lain yang tentu nya juga akan menarik juga.

Selama proses booking di website causeway bay inn, kita akan diminta untuk membayar deposit yang dibayarkan menggunakan PayPall. Karena saya belum pernah menggunakan paypall sebelumnya langsung saja saya registrasi. setelah proses registrasi paypall selesai dan langsung login, maka saya mendapati pada kotak inbox saya tagihan deposit dari CBI, saat itu juga saya proses pembayaran tsb. Adapun sisa pembayarannya di tagihkan -/+ 12 hari sebelum Check in. Setelah -/+ 12 hari sebelum check in tagihan dari CBI kembali masuk ke inbox Paypall saya, dan setelah saya melakukan pelunasan kira -/+ 1 hari setelahnya mendapatkan email dari CBI yang berisi Peta menuju lokasi CBI dan Password untuk mengakses pintu Gedung, pintu CBI dan pintu Kamar Total nya ada 3 password. Password-password tersebut bisa diakses mulai tepat dari jam 14.00 pada tanggal check in hinggal jam 12.00 pada tanggal check out. Password untuk diperlukan oleh pengunjung CBI karena pada Hostel CBI semua tidak ada petugas yang stand by di lokasi, jadi segala sesuatu nya serba self service (kecuali untuk petugas yang membersihkan kamar setiap harinya). Setahu saya di indonesia belum pernah ada sistem hotel/hostel seperti ini. bisa dijadikan contoh yang baik untuk penerapan Teknologi informasi sebagai efisiensi pelayanan penginapan.

Booking Hostel untuk 4 hari sudah selesai, sisa 2 hari yang harus saya book. Saya menginginkan lokasi berbeda maka coba pindah ke lokasi Tsim Sha Thui. Berdasarkan beberapa review juga dari teman-teman blogger maka lokasi hostel selanjutnya yang kami pilih adalah berada di Golden crown court Building, adapun hostel yang kami pilih adalah Yiu fai guesthouse. Pertimbangan saya memilih lokasi ini tentunya sangat dekat sekali dengan stasiun MTR dan dekat kemana-mana.

Demikian sementara info dari saya dan tunggu kabar cerita selanjutnya setelah saya pulang dari HKG.

Senin, 21 Januari 2013

Mengatasi masalah Hang pada notebook Toshiba satellite.

Masalah ini sering muncul pada notebook toshiba khususnya tipe Satellite, pada awal tahun pertama penggunaan tidak ada masalah apa-apa. Justru masalah timbul setelah tahun ke dua penggunaan, mana garansi sudah habis lagi.

ketika adaptor di colokan ke notebook yang dalam posisi menyala tiba-tiba notebook menjadi hang atau freeze seketika. anehnya jika tidak menggunakan adaptor atau hanya menggunakam batre saja kondisi notebook lancar2 saja.

Solusinya hanyalah, Disable salah satu processor ada ada pada Task manager.
Setelah itu semuanya akan kembali normal, dengan konsekuensi hanya 1 processor yg bekerja.

Kuta, Kartika plaza, Ubud, GWK, Uluwatu, Tanah lot - 2012

Ngilangin stres di kantor, liburan tahun ini nyempetin ikut acara jalan2 kantor 3 hari di bali plus extend 3 hari bareng keluarga.

Hari ke 1 : Menginap di Haris Pantai kuta, Hotel msh sm kyk aku nginep tahun 2009 dulu gak ada perubahan, kecuali di samping hotel ada mall baru yang dulunya sheraton gak jadi2 sekarang jadi mall yg menurut aku 85% udah jadi, karena udah ada Burger King yg buka di situ.

Hari ke 2 : Rafting bersama Sobek Rafting di sungai Ayung - ubud. Awalnya sempat ragu mau ikutan, karena blm pernah sama sekali ikutan yg namanya arung jeram/rafting tapi setelah di jalanin ternyata asik bgt. Rafting di sungai Ayung ternyata kelas 2-3, artinya arus sungai tidaklah sederas yg kita lihat di tv2.. cocok sekali untuk pemula akan tetapi tetap menyajikan pengalaman yang menegangkan. Apa lagi di guide oleh pemandu yg berpengalaman.

Diawali dengan berkumpul di base camp Sobek rafting lalu mengendarai mobil L-300 menuju tempat start, lalu turun ke sungai melalui -/+ 500 anak tangga (Jangan lupa pemanasan kaki dan tangan terlebih dahulu karena dijamin akan pegal2 kalo tdk pemanasan hehe).

Setelah sampai di tepi sungai barulah guide mulai mengarahkan prosedur penggunaan alat dan keselamatan.
tanpa berlama-lama langsung saja kami tim menjeburkan diri ke perahu karet yg telah tersedia. waktu yang ditempuh cukup lama 1 jam 40 menit dengan 1 kali break di tengah2 sungai.

Kendali sepenuhnya ada di guide, jadi tenang saja saya pemula sekali pun tetap seolah-olah bisa mengendalikan perahu karet ini. tinggal butuh keberanian untuk menghadapi arus dan batu disungai yang deras dan terjal. apalagi sesekali si guide suka mengarakan kita ke arah air terjun kecil yang tersedia di sungai, jadinya makin asik deh kita bermain air.

Setelah sampai di tempat finish tersedia makan siang yg sudah disediakan dalam paket. tempatnya asik dipinggir sungai. abis itu naik tangga lagi, tp kali ini tidak sebanyak 500 anak tangga seperti mau start tadi, mungkin tdk sampai setengahnya. Setelah sampai base camp, mandi bersih2, trus lanjut pulang ke hotel deh.

Hari ke 3 : Pertama ke GWK, masih sama saja seperti tahun 2009 dulu aku ke sana tidak banyak yang berubah, tiket masuk per orang 30rb. lokasi wisata paling dekat dengan kuta dan bandara. karena masih dalam suasana long weekend jadi  ramai sekali dipadati pengunjung.

Kedua ke Uluwatu, karena aku datang jam 17.00 WIT jadi ramai sekali suasana di pura uluwatu. banyak sekali wisatawan manjanegara duduk di pinggir pagar, mereka sepertinya sedang menunggu waktunya sunset, suasananya sama masih seperti dulu, hanya saja aku hanya melihat sedikit monyet2 yang berkeliaran, ntah kenapa mungkin karena banyak nya pengunjung jadi monyet2 yang tidak menampakan diri.

Pulang dari Uluwatu kami check in di hotel Home @ 36 Condotel. Lokasinya luar biasanya di belakang Mall Discovery kartika plaza, dan tepat di tepi pantai kartika plaza - kuta. Jadi kalo anda mau dapat hotel yang belakangnya ada laut ya di sinilah tempatnya. Makan mudah, Nongkrong pinggir laut mudah, cari keramaian gampang.

Senin, 13 Desember 2010

Menyelamatkan data Anda jika terjadi DISK IS NOT FORMATTED

Anda mungkin pernah mengalami hal ini DISK IS NOT FORMATTED, baik pada Floppy Disk, ataupun Flash Disk, dan itu terjadi pada flash disk saya yang tadinya berformat FAT32 sekarang berubah menjadi RAW. Celakanya adalah jika ternyata di dalam Disk anda terdapat data2 yang sangat penting sekali. Dan tidak mungkin rasa2nya jika anda langsung memilih tombol YES tanpa berpikiran panjang, karna jika sudah hilang2 data tsb, jangan heran kalo anda bisa di maki2 oleh boss, karna keteledoran Anda, wkwkkw...

Setelah Mencoba-coba menggunakan bermacem2 software recovery partition, akhirnya yang mampu cuma pake program ini, namanya EASEUS Data Recovery Wizard Professional. Website resminya bisa klik di sini .

Program ini Trial Version, jadi saya pikir Anda sudah tahu apa yang saya maksud.

Ok Setelah Saya Install, maka, Pilih Partition Recovery Untuk memilih Drive anda. Untuk lebih jelasnya proses recovery nya, saya tampilhkan hasil recovery pada Flash Disk saya. Silahkan anda Pilih Tombol yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Sudah Sukses maka tampilannya akan seperti ini.

Kesimpulannya adalah, Karena Format Drive nya sudah berubah menjadi RAW, maka File-file yang sudah berhasil di recovery harus disimpan di Drive Harddisk / lainnya, agar nantinya Flash Disk/Floopy nya bisa di Format kembali agar bisa kembali Menjadi FAT32 / NTFS.

Jadi intinya dengan program ini ada bukan merecovery Disk System anda, akan tetapi menyelamatkan Isi Flash Disk Anda terlebih dahulu baru memformat ulang Flash disk Anda.

Salam
Deny Setiawan

Senin, 06 Desember 2010

Stasiun Sudirman Beserta Jadwal KRL

Semenjak istriku melahirkan anak pertamaku, maka agar dekat dengan Orang tua aq memutuskan agar istriku sementara tinggal dengan rumah Ibu mertua di bogor. Seminggu sekali aq menggunakan Jasa KRL Tujuan Bogor. Berhubung kantorku berada di Daerah Sudirman, Maka alternatif yang paling praktis adalah menggunakan KRL dari Stasiun Sudirman / Dukuh Atas. Dari Stasiun Sudirman tersedia KRL Ekonomi, AC Ekonomi dan Express. Untuk jadwal nya, saya coba capture langsung dari Jadwal yang tersedia di Stasiun Sudirman, Mohon maaf jika gambarnya miring, karna saya foto langsung menggunakan HP saya Samsung Valencia. Untuk Tujuan mana saja yang tersedia, saya coba sisipkan Tujuan2 beserta pada Peron berapa KRL nya berhenti. Semoga membantu bagi anda yg berencana Naik KRL dari Stasiun Sudirman,

Klik gambar untuk memperbesar.

Note : Jadwal sudah tidak sesuai dengan Jadwal saat ini

Thanks
Deni S

Jumat, 05 November 2010

Anakku ASHRAF RAZQA SETIAWARDHANA

Alhamdulillah, Telah lahir putra pertama kami pada Tgl 23 Oktober 2010, Jam 16:14 WIB, di Rumah sakit Hermina Bogor melalui operasi Caesar yang dibantu oleh Dr.AlFathdry.Spog.

Sebelum melahirkan, istriku memang biasa kontrol kehamilan di Klinik Dr. Alfathdry yang berada di Apotik prima, Padjajaran - Bogor. Kenapa kontrol nya disitu, yang biasa kontrol disitu pasti tahu jawabannya, salah satunya adalah selain biaya kontrolnya cukup terjangkau, dokternya juga baik banget, kita nanya apa aja pasti dijawab dengan baik dan penuh kesabaran, walaupun pasiennya cukup banyak.
Dr Al ( Panggilan Dr. Alfathdry ) adalah Dokter RS. Hemina Bogor dan RS. Salak Bogor. Jadi jika anda biasa kontrol dengan beliau, untuk tempat melahirkannya anda bisa memilih antara 2 Rumah sakit tersebut sebagai rujukannya.

Kembali ke topik Anakku tercinta Ashraf, dari awal niat kami adalah melahirkan secara normal, Sejak USG pada bulan ke 6  posisi anakku sudah sungsang. Dr Al sudah menganjurkan istriku untuk sujud selama 15 menit, 8 kali sehari. Tapi karna cara tersebut ternyata membuat istriku pusing, Akhirnya jarang sekali istriku mempraktekannya. Ibu mertuaku juga sama telah menganjurkan istiku untuk mulai mengepel lantai tiap hari dengan tangan agar nantinya posisi istriku bisa nungging. Mungkin karna frekuensi nya jarang, jadi tetap saja posisi bayi hingga bulan ke 9 masih dalam posisi sungsang tiap kali di USG.

Akhirnya pada minggu ke 38, Tepatnya pada tgl 23 Oktober 2010 Jam 09:00 kami memutuskan untuk operasi, dikarenakan air ketuban istriku sudah berkurang 3 CM. Setelah membuat janji dengan Dr. Al untuk operasi pada sore hari nanti, dari Klinik Dr Al di apotik prima, kami langsung meluncur menuju RS. Hermina Bogor untuk Cek In. Jam 10.00 istriku masuk Ruang Recovery, sementara itu aq mengurus segala administrasi nya termasuk Asuransi. Setelah cukup waktu istriku berpuasa sekitar 4 jam-an, Baru pada Jam 16.00 Istriku masuk ruang operasi. Entah apa yg terjadi didalam, saya bener2 gelisah dan memohon kepada yang diatas agar selalu memberi perlindungan kepada istriku dan Bayi ku. Dan Alhamdulillah pada pukul 16.30, salah satu Dokter yang membantu proses operasinya memanggil saya, "Dengan pak Deni ???, Selamat ya pak bayi Anda Laki-laki". Alhamdulillahhhh, betapa leganya hati saya mendengar hal itu, setelah itu Dr tersebut menjelaskan semua2nya kepada saya, tetapi dalam hati kemana kah bayiku ????, tdk lama berselang seorang suster memanggil saya, " PAK DENY ini anaknya ya, " Subhanallah, betapa bahagiannya aq berjumpa dengan Anakku tercinta untuk yg pertama kalinya, setelah selama ini aq doakan dan aq hibur selama msh di dalam kandungan.

Terima kasih ya Allah, terima kasih Dr. Al, terima kasih semua, mohon doakan anakku agar kelak menjadi anak yg sholeh, berilmu, beriman, dan berakhlak mulia. Amin....